YANG MAU MENIKAH WAJIB BACA...!!!! INILAH MAKNA DARI KATA ""IJAB QABUL"" JANGAN MEMYESAL JIKA TIDAK BACA OK... INI BISA BUAT SUAMI BEFIKIR FIKIR JIKA HENDAK MELAKUKAN POLIGAMI



Sempatkah anda melihat atau mengatakan akad nikah? Tahukah kalau dibalik kalimat akad, terdapat arti yang demikian dalam? Kalau beberapa lelaki tahu besarnya arti ijab qabul (akad nikah), pasti mereka bakal memikirkan sebelumnya lakukan poligami. Begitu juga wanita, mereka bakal sadar begitu berat tanggung jawab seseorang lelaki didunia ini. Dengan cara, semakin banyak istri, semakin banyak dosa yang perlu dijaminnya. Dalam Islam, pernikahan (akad nikah) berlangsung sekalipun bukanlah lantaran janji setia seseorang lelaki pada seseorang wanita, tetapi kesepakatan pada 2 orang lelaki, yakni wali wanita serta mempelai lelaki.


Dalam Al-Quran ini dimaksud " Mistaqan Ghalidza " (kesepakatan yg berat). Arti ini cuma 3 kali dijelaskan dlm Al-Quran, yakni :
Untuk masalah pernikahan (QS. An-Nisaa : 21)
Untuk kesepakatan pada Allah serta beberapa Nabi dlm pekerjaan penyampaian risalah (QS. Al-Ahzab : 7)
Untuk masalah janji Bani Israil kpd Allah dlm pekerjaan mengemban Risalah Tauhid di bumi (QS. Al-Baqarah : 83)
Tersebut kalimat akad yang disampaikan sebagai prasyarat sahnya satu pernikahan.


Ijab :
Saudara/ananda ______ Bin_______
Saya nikahkan serta saya kawinkan engkau dengan________yang bernama : _________
Dengan maskawinnya berbentuk : _______, tunai.

Qobul :
Saya terima nikahnya serta kawinnya ________ binti ________
Dengan maskawinnya yang tersebut tunai.

Berarti :
“Saya tanggung dosa-dosa ''Si dia'' dari ibu bapaknya. Apa sajakah dosa yang dia lakukan. Dari Aurat sampai meninggalkan Shalat saya yang tanggung, bukanlah ibu bapaknya lagi. Serta Saya memikul dosa anak-anak bila tidak berhasil dalam mendidiknya. Saya ikhlas masuk neraka. ”

Kesepakatan dalam satu akad nikah diisi pelimpahan tanggung jawab sang bapak pada mempelai lelaki. Tanggung jawab di sini bukanlah saja dengan cara penafkahan namun juga tanggung jawab melindungi muru'ah (kehormatan) nya, serta tanggung jawab yg lebih berat lagi yakni menjauhkannya dari api neraka. Berikut alasan mengapa akad nikah diperlukan saksi, lantaran beratnya kesepakatan pada 2 orang lelaki itu. Bahkan juga lantaran beratnya beberapa hingga Arsy Allah bergetar karena itu. Bahkan juga beberapa malaikatpun turut ada mendoakan mereka.

Bila dipikirkan beratnya dosa-dosa yang dijamin lelaki seperti gunung dengan semut. Itu penyebabnya mengikut kajian, nyawa orang wanita lebih panjang dari pada lelaki. Lelaki mati cepat lantaran tidak tahan dengan beratnya dosa-dosa yang dijamin. Wallahu a’lam bishawab.
Untuk beberapa suami serta pria calon suami, alangkah sebaiknya bila kita membekali diri kita dengan pengetahuan agama (serta pengetahuan dunia) supaya kita dapat menanggung tanggung jawab besar ini serta membawa keluarga kita ke surga Allah. Untuk beberapa istri serta wanita calon istri, bekali juga dirimu dengan pengetahuan agama supaya dapat menolong memperingan tanggung jawab suamimu.

Teman dekat mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindungan-Nya yang dilimpahkan kesehatan, kebahagiaan, keselamatan serta keringanan selalu untuk melaksanakan ibadah kepada-Nya..

 " Ya Allah, muliakanlah bebrapa teman dekat Kami, Berikanlah Kami pasangan yang setia, wujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.
Nantinya masukanlah Kami disurga yang terindah.. " Aamiin Ya Robbal Alamin

Rasulallah SAW bersabda :
 " Siapa saja yang mengemukakan 1
 (satu) pengetahuan saja serta ada orang yang mengamalkannya, maka
meskipun yang mengemukakan telah tidak ada (wafat dunia), dia bakal tetaplah peroleh pahala. " (HR. Al-Bukhari)

Subhanallah....
Mudah-mudahan kita bisa mengambil pengetahuan berguna yang bernilai beribadah melalui tulisan ini serta mengamalkan dalam kehidupan satu hari - hari. Aamiin... ''
sumber " http :// www. beringinjayapost. com/2016/04/wajib-bacajangan-sampai-di-abaikan. html
YANG MAU MENIKAH WAJIB BACA...!!!! INILAH MAKNA DARI KATA ""IJAB QABUL"" JANGAN MEMYESAL JIKA TIDAK BACA OK... INI BISA BUAT SUAMI BEFIKIR FIKIR JIKA HENDAK MELAKUKAN POLIGAMI YANG MAU MENIKAH WAJIB BACA...!!!! INILAH MAKNA DARI KATA ""IJAB QABUL"" JANGAN MEMYESAL JIKA TIDAK BACA OK... INI BISA BUAT SUAMI BEFIKIR FIKIR JIKA HENDAK MELAKUKAN POLIGAMI Reviewed by Unknown on 08.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.